Musical Guitar

Hi,Visitors !!! Please contact me on Twitter @Adam_Faster

Fingerstyle ? Apa sih Fingerstyle Itu?

Rabu, 3 juni 2014

Dari kalian dan untuk kalian para Gitaris Virtuoso - Fingerstyle

Fingerstyle adalah sebuah tehnik bermain gitar yaitu dengan memetik secara langsung senar-senar gitar menggunakan ujung jari, kuku, atau pun pick (fingerpick) yang di pasang pada jari-jari kanan ( pada jari kiri bila bermain secara kidal ) . Istilah fingerstyle sendiri masih sering keliru di bicarakan di kalangan awam sebagai sebuah genre atau gaya dalam bermusik. Lebih dari itu fingerstyle adalah sebuah paket komplit berbagai macam tehnik gitar dan memetik, bukan hanya sekedar "style" dalam bermain gitar. Secara sinonim fingerstyle juga berasal dari sebuah kata fingerpicking style, yang terlahir dari sebuah tradisi musik-musik rakyat (ragtime, dll) , blues, dan country di Amerika Serikat dan juga beberapa musik tradisional dari negara lain seperti flamenco di Spanyol, dan juga beberapa unsur Jazz dari daerah afrika. Tehnik memetik senar menggunakan jari sendiri berasal dari tehnik permainan lute (sejenis kecapi) dan vihuela , saudara jauh dari instrumen gitar.

Dalam ilmu Gitar Klasik (nylon string), fingerstyle di anggap sebuah tehnik dasar.. Namun pada Gitar Folk (steel string) bahkan gitar elektrik, fingerstyle di anggap lebih dari sekedar tehnik yang tidak biasa.

Pada pengaplikasiannya dalam sebuah aransemen atau komposisi lagu, fingerstyle memiliki beragam jenis variasi yang terus berkembang sampai saat ini. Dari pola permainan chord yang sederhana dengan arpeggio, penambahan elemen artificial harmonic , pola penggunaan hammer on dan pull off dengan tangan kiri ( tangan kanan jika bermain secara kidal), sampai penggunaan suara perkusi dari body gitar. 
Sekian dan Terimakasih :D

Artikel terkait :
-Apa sih fingerstyle?
-Fingerstyle
-Pengertian Fingerstyle
-Belajar Fingerstyle
-Sejarah Fingerstyle
-Cara-cara Fingerstyle

Sumber :
LGM

0 komentar: